Sosialisasi Ketentuan Persetujuan Lingkungan berdasarkan PP Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup

Administrator 31 May 2023 155x Share
img-berita

          Selasa, 30 Mei 2023, Dinas Lingkungan Hidup Kota Blitar melaksanakan kegiatan Sosialisasi Ketentuan Persetujuan Lingkungan berdasarkan PP Nomor 22 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Acara dibuka oleh Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Blitar, Denny Eko Prisanto, ST., M.Ling. Peserta pada acara ini berjumlah 82 orang yang terdiri dari pelaku usaha dan/ atau kegiatan di Kota Blitar.

          Hadir sebagai narasumber yaitu Ferry Indarto, ST., MM., Niniek Herawati ST,. M.Si., dan M. Nizamudin, ST., MM. dari Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur dan sebagai moderator acara adalah  Kepala Bidang Penataan, Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan, Yuli Fitriawati, ST.

          Sampai saat ini tingkat ketaatan pelaku usaha dan/atau kegiatan di wilayah Kota Blitar dalam implementasi dokumen lingkungan berikut pelaporannya masih relatif rendah. Pada tahun 2022 persentase ketaatan pelaku usaha yaitu 67%. Dari 60 sasaran pemantauan, usaha dan/ atau kegiatan yg taat berjumlah 40 usaha. Begitu pula dengan Persentase pelaporan RKL-RPL pada Tahun 2022 yaitu 58%.

          Sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pelaku usaha dan/atau kegiatan di wilayah Kota Blitar dalam mencukupi kelengkapan dokumen lingkungan sekaligus mekanisme untuk mendapatkan Persetujuan Lingkungan, Persetujuan Teknis Pemenuhan Baku Mutu Air Limbah, dan Rincian Teknis Pengelolaan LB3. Selain itu juga bertujuan untuk memberikan informasi tindak lanjut dari pelaksanaan dokumen lingkungan termasuk pelaporan yang harus dilakukan. Para pelaku usaha diharapkan berpartisipasi aktif dalam pelaporan pengelolaan dan pemantauan lingkungan hidup dengan melaksanakan pelaporan online melalui SIMPPONIK ( Sistem Informasi Pelporan Pengelolaan dan Pemantauan Lingkungan ) yang sudah difasilitasi DLH Kota Blitar.

Berita Populer

Sosialisasi Ketentuan Persetujuan Lingkun..

by Administrator | 31 May 2023

KOTA BLITAR LAKSANAKAN PEMBATASAN PENGGUN..

by Administrator | 02 Apr 2023

SOSIALISASI PEMBATASAN PENGGUNAAN PLASTIK..

by Administrator | 12 May 2023

KICK-OFF MEETING DAN KONSULTASI PUBLIK I ..

by Administrator | 19 May 2023

Temu Kelompok Pengelola IPAL Komunal

by Administrator | 11 May 2022

PUNCAK ACARA HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL ..

by Administrator | 21 Mar 2023