KICK-OFF MEETING DAN KONSULTASI PUBLIK I KLHS RPJPD DAN RPJMD KOTA BLITAR TAHUN 2023

Administrator 19 May 2023 132x Share
img-berita

Rabu, 17 Mei 2023 DLH Kota Blitar mengadakan kegiatan Kick-off meeting dan Konsultasi Publik I KLHS RPJPD dan RPJMD Kota Blitar Tahun 2023. Acara dibuka oleh Kepala DLH Kota Blitar, Ir. Jajuk Indihartati selaku Ketua Tim Pokja KLHS dan Kepala Bappeda Kota Blitar Drs. Tri Iman Prasetyono, MSi selaku Wakil Ketua Tim Pokja KLHS. Hadir sebagai narasumber adalah Dr. Luthfi Muta'ali, S.Si., M.S.P dari Universitas Gajah Mada.


Agenda pada Kick Off dan FGD I KLHS RPJPD dan RPJMD adalah :
a.    Pemaparan dan sinkronisasi capaian dan target data TPB (Tujuan Pembangunan Berkelanjutan) yang sudah di isi oleh seluruh OPD
b.    Perumusan isu strategis

Sebagaimana kita ketahui bersama, saat ini pencemaran dan kerusakan lingkungan masih terus terjadi di berbagai wilayah. Rusaknya lingkungan telah menyebabkan dampak yang luas, seperti perubahan iklim, bencana banjir, longsor, krisis air, gagal panen, penyakit dll. Karena itu upaya penyelamatan, pengendalian, pengelolaan serta perlindungan lingkungan dan sumber daya alam sangat mendesak untuk dilakukan. Salah satu instrumen pencegahan pencemaran dan /atau kerusakan lingkungan adalah melalui perencanaan pembangunan dimana prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah dan/atau kebijakan, rencana dan.atau program.

Undang-undang Nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup mengamanatkan pemerintah pusat dan pemerintah daerah wajib menyusun Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS). Berkaitan dengan amanat Undang-Undang tersebut,  KLHS wajib dilaksanakan terhadap salah satunya adalah dokumen perencanaan pembangunan daerah (RPJPD dan/atau RPJMD) provinsi dan/atau kabupaten/kota yang akan ditetapkan dengan Peraturan Daerah

KLHS bermanfaat untuk memfasilitasi dan menjadi media pembelajaran bersama antara semua pemangku kepentingan dalam penyusunan kebijakan, rencana dan program. Melalui proses KLHS, diharapkan pihak-pihak yang terlibat dalam penyusunan dan evaluasi kebijakan, rencana dan/atau program dapat mengetahui dan memahami pentingnya menerapkan prinsip-prinsip pembangunan berkelanjutan dalam setiap penyusunan dan evaluasi kebijakan, rencana dan/atau program.

Berita Populer

Sosialisasi Ketentuan Persetujuan Lingkun..

by Administrator | 31 May 2023

KOTA BLITAR LAKSANAKAN PEMBATASAN PENGGUN..

by Administrator | 02 Apr 2023

KICK-OFF MEETING DAN KONSULTASI PUBLIK I ..

by Administrator | 19 May 2023

SOSIALISASI PEMBATASAN PENGGUNAAN PLASTIK..

by Administrator | 12 May 2023

PUNCAK ACARA HARI PEDULI SAMPAH NASIONAL ..

by Administrator | 21 Mar 2023

Temu Kelompok Pengelola IPAL Komunal

by Administrator | 11 May 2022