Logo
images

Sosialisasi Bank Sampah

Sebagai upaya peningkatan kualitas dan kuantitas Bank Sampah di Kota Blitar maka pada tanggal 30 maret yang lalu, Badan Lingkungan Hidup Melaksanakan sosialisasi Bank Sampah bertempat di Balai Kota Kusumo Wicitro. Kegiatan tersebut diikuti oleh Camat Lurah dan pengurus bank sampah se Kota Blitar sejumlah kurang lebih 100 orang. Acara tersebut dibuka langsung oleh  Walikota Blitar Bapak Muh. Samanhudi Anwar, SH. Narasumber dalam agenda sosialisasi tersebut adalah Rahmat Hidayat yang merupakan Direktur Bank Sampah Kota Malang.

Dalam sambutannya Bapak Walikota Blitar menekankan bahwa  sosialisasi tersebut harus menjadi momentum awal membina kesadaran kolektif untuk mulai mengelola sampah sedekat mungkin dari sumbernya dengan mulai memilah sampah, membatasi timbulan sampah sehingga pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan hidup menjadi budaya baru di Kota Blitar.

Bank Sampah adalah salah satu solusi inovatif untuk membiasakan masyarakat memilah sampah. Dengan menyamakan sampah serupa uang atau barang berharga yang dapat ditabung, masyarakat, terutama ibu rumah tangga dan anak-anak. Akhirnya masyarakat terdidik untuk menghargai sampah sesuai jenis dan nilainya sehingga mereka mau memilah sampah yang pada gilirannya akan membatasi timbulan sampah. Dan pada akhirnya dengan mengembangkan Bank Sampah berarti ikut menumbuhkan perekonomian kerakyatan.


TAG

Tinggalkan Komentar