Logo
images

Penghitungan Dan Pembukuan Bank Sampah Barokah BTN ASABRI Gunakan Aplikasi Sederhana

BLITAR - Penggunaan aplikasi Excel untuk menghitung berat sampah yang disetor setiap nama, nominal uang yang diterima termasuk jumlah setoran dalam satu bulan, memang bertujuan untuk meringankan petugas penerima dalam menghitung. Selain itu penggunaan aplikasi ini dinilai praktis dan cepat, termasuk bisa didapat angka lebih akurat jika dibanding dengan cara mencatat manual.
Eka Sulistyana, Pembina Bank Sampah Barokah BTN ASABRI Kelurahan Gedog Kecamatan Sananwetan pada Senin (18/12), mengatakan bahwa belajar dari pengalaman di awal pengoperasian bank sampah, pihaknya menemui petugas penerima dan penghitung sampah kesulitan dan kebingungan dalam menghitung dan mencatat warga yang menyetorkan sampah rumah tangga mereka ke Bank Sampah Barokah. Akhirnya setelah berkonsultasi dan melakukan rapat intern, akhirnya diputuskan untuk memodernisasi pembukuan Bank Sampah Barokah dengan komputerisasi, termasuk penggunaan aplikasi Excel untuk operasional petugas.
Eka Sulistyana menambahkan, berkat penggunaan aplikasi ini proses penerimaan sampai penghitungan yang biasanya membutuhkan waktu puluhan menit, saat ini petugas hanya butuh waktu tidak sampai 10 menit untuk menyelesaikan setoran warga. Kondisi ini jika dihitung dari jumlah standar setoran sampah warga.
Dinilai berhasil dan terbukti meningkatkan Efisiensi kerja pengurus Bank Sampah Barokah, ada beberapa pengelola bank sampah dari kelurahan lain seperti, Pengurus Bank Sampah dari BTN Wisma Indah yang akhirnya melakukan study banding dan bertanya langsung, terkait penggunaan dan hasil dari aplikasi sederhana yang dipakai Bank Sampah Barokah BTN ASABRI Kelurahan Gedog.(yud)


TAG

Tinggalkan Komentar