Logo
images

Apel besar Tiga Bulan Bebas Sampah Tahun 2018 Walikota Blitar: Masyarakat Harus Dapat Memanfaatkan Sampah

Jumat pagi 16 (03/18) Kota Blitar gelar apel besar Tiga Bulan Bersih Sampah”. Agenda ini sebagai peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2018. Peserta yang mengikuti jalannya apel besar dinataranya ASN Pemkot Blitar, TNI-Polri, Paguyupan Bank Sampah, Kelompok Peduli Lingkungan, Sekolah Adiwiyata, Karang Taruna dan para clening service baik yang bertugas di kantor OPD maupun petugas kebersihan di jalan. Di tengah  tengah apel, Walikota Blitar secara simbolis memberikan alat kebersihan kepada 3 peserta apel.
 
Walikota Blitar Muhammad Samanhudi Anwar, S.H., M.M dalam sambutannya menuturkan bahwa apel digelar sebagai media untuk menyampaikan ikrar dan komitmen bersama agar ke depannya Kota Blitar semakin menjadi kota yang bersih, asri dan bebas sampah. Sehingga setelah menyampaikan ikrar harus segera ditindak lanjuti dengan sebuah gerakan kebersihan yang dimulai dari diri sendiri dan saat ini juga.
 
“Selain itu saat ini kita juga harus mulai kembali melaksanakan Program Jumat Bersih di seluruh OPD, organisasi dan sekolah di Kota Blitar. Juga Gerakan Minggu Bersih di lingkungan kelurahan. Kemudian, warga juga harus dapat memanfaatkan sampah dengan cara mendaur ulang dan memanfaatkan keberadaan bank sampah”, kata Walikota. 
 
Sementara itu saat dikonfirmasi secara terpisah terkait keberadaan bank sampah di Kota Blitar, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Blitar Pande Ketut Suryadi, S.H  menyarankan agar setiap wilayah memiliki bank sampah. Karena nantinya setelah terbentuk, pihak DLH Kota Blitar akan memberikan fasitias lengkap, membuatkan SK dan rutin membina para pengelola bank sampah. 
 
Karena dengan adanya bank sampah ini, volume sampah di Kota Blitar menurun sekitar 20 persen pertahun, ujar Pande. 
 
Setelah melaksanakan apel, dilanjutkan dengan Launching Gerakan Masyarakat” Gerakan Minggu Bersih. Pembukaan program ini dilaksanakan di sekitar sungai Jalan Merapi dan Jalan Kelud Kelurahan Kepanjenlor Kecamatan Kepanjenkidul Kota Blitar. Diawali dengan penyerahan papan himbauan yang menyebutkan yang bertulisakan Sungai Bukan Tempat Sampah”, yang dilakukan Wakil Walikota Blitar Drs. Santoso.(vik)

TAG

Tinggalkan Komentar